Halaman

Translate

Jumat, 08 Juni 2012

Tips Transportasi Bus Tram MTR Ferry di Hongkong

Tips Sarana Transportasi di Hongkong untuk Jalan - Jalan Murah

Salah satu hal penting bila kita berkunjung ke luar negeri adalah sarana transportasi yang akan kita gunakan. Sebagai budget traveler tentunya perlu untuk mengetahui jalur kereta, jalur bus dan sarana transportasi lainya. Berbeda dengan Indonesia, khususnya Jakarta maka Hongkong - Kowloon memiliki sarana transportasi yang lebih banyak pilihannya seperti:
  1. MTR (kereta listrik seperti MRT-nya Singapore).
  2. Tram (kereta listrik bertingkat / double deck) - hanya ada di Hongkong Island.
  3. Peak Tram (Tram khusus menuju The Peak / Peak Terrace 428)
  4. Ferry penyeberangan antara Kowloon - Hongkong dan ke tujuan lainnya.
  5. Bus
  6. Taxi
  7. TurboJet Ferry penyeberangan ke Macau
Semua sarana transportasi tersebut pembayarannya dapat menggunakan Octopus Card (baca artikel di blog ini cara membeli octopus card) atau membeli tiket standar untuk single journey di mesin tiket otomatis.

<i>Transportasi dari Bandara ke Kowloon atau Hongkong</i>

Untuk transportasi dari Hongkong International Airport Chek Lap Kok ke Kowloon atau Hongkong maka dapat memilih:
  1. Airport Express (kereta MTR) dengan biaya 90 - 100 HKD (adult) dan 45 - 50 (child). Station MTR terdapat di hall bandara dengan petunjuk yang jelas (Train to City)
  2. Pilihan transportasi lainnya dari Airport adalah Bus A21 dengan tujuan Stasiun Hung Hom dan melewati Nathan Road & daerah Tsim Sha Tsui. Tarif bus ini dengan octopus card adalah 33 HKD (adult) dan 16.5 HKD (child)
Bus A21 dan rutenya

Pilihan moda transportasi baik bus maupun MTR ada keunggulan dan kelemahannya, bila bus maka waktu tempuh ke kota bergantung pada padatnya lalulintas jalan, sedangkan bila memilih MTR airport express waktu tempuh sudah pasti sekitar 45 minute. Keuntungan menggunakan bus adalah kita tidak perlu naik turun tangga mengingat sebagian besar pintu keluar stasiun MTR di Hongkong - Kowloon tidak dilengkapi dengan tangga jalan (hanya tangga biasa) pada bagian yang paling dekat permukaan. Hal ini cukup merepotkan bila membawa koper besar dan anak kecil, maka patut dipertimbangkan menggunakan bis selain lebih murah juga bisa menikmati pemandangan kota & jalanan dengan bis tingkat.

<i>Transportasi ke Hongkong Disneyland</i>
Untuk ke Disneyland budget transportion tentunya MTR dan Bus sebagai berikut:

  1. MTR: dari station dekat penginapan menuju stasiun Sunny Bay dan ganti dengan MTR khusus menuju Disneyland. Tarif berdasarkan jarak, kalau dari station Tsim Sha Tsui ke Disneyland tarifnya 17 HKD dan 8.5 HKD (child) dan waktu tempuh 39 minute.
  2. Bus R11 dari Disneyland ke North Point (Hongkong Island) melewati Nathan Rd. dan stasiun Hung Hom, dengan tarif 38 HKD.

Demikian untuk ke The Peak - Sky Terrace 428 kita dapat menggunakan Bus no.15 dari Central Pear no.5 langsung ke The Peak atau bus no 15C dari Pear no.5 menuju lower peak tram terminus di dekat hongkong garden dan dilanjutkan dengan the peak tram.

Sebagai budget traveler perlu merencanakan rute perjalanan kita dengan bus, tram, ferry dan MTR di Hongkong - Kowloon dengan baik dan cermat, untuk menghemat waktu dan tenaga kita mengingat daerah tersebut berbukit - bukit sehingga dapat menguras tenaga kita bila berjalan kaki.

Untuk mengetahui dan merencanakan rute dan tarif bus dan MTR di Hongkong kita dapat mengunjungi site sebagai berikut: Bus & MTR. Selamat berwisata, have a nice holiday.

2 komentar: