Halaman

Translate

Minggu, 20 Mei 2012

Octopus Card Kartu Sakti untuk Transportasi di Hongkong - Kowloon

Bagaimana Transportasi di Hongkong - Kowloon?
Bagaimana transportasi dari airport ke Hongkong atau Kowloon? berapa biayanya? 
Tentunya masalah transportasi menjadi pertanyaan yang standar, bila anda datang berkunjung ke tempat yang baru atau asing. Demikian pula ke Hongkong untuk wisata, bisnis dan lainnya, bila pergi sendiri (atau + keluarga) tanpa tour & travel (guide) akan muncul pertanyaan tersebut . Moda transportasi yang ada di Hongkong - Kowloon dan sekitarnya ada bermacam - macam mulai dari kereta MTR (seperti MRT - Mass Rapid Train di Singapore), bus, taxi, ferry, tram, dsb.

Apa itu Octopus Card, apa kegunaannya?
Salah satu cara pembayaran tarif angkutan / transportasi di hongkong adalah dengan mengunakan kartu Octopus. Dengan kartu ini kita mendapatkan tarif yang lebih murah dari pada membeli single journey dari mesin otomatis untuk perjalanan dengan MTR. Demikian pula dengan bus penggunaan kartu ini selain lebih murah juga lebih mudah dibandingkan harus menyiapkan uang pas untuk satu kali perjalanan pada saat naik bus.



Sesuai dengan namanya, Octopus Card ini dapat diterima utuk pembayaran delapan moda transportasi yang ada di HK - Kowloon. Selain digunakan untuk membayar biaya transportasi tersebut kartu ini juga dapat untuk membeli minuman ringan yang terdapat pada mesin otomatis penjual minuman yang tersebar dimana - mana, dapat pula untuk berbelanja di 7-eleven, Wellcome superstore dll. Bahkan dapat juga digunakan untuk membayar HKD 5,-  biaya teropong yang ada di terrace di Victoria Peak.

Bagainana dan dimana kita bisa mendapatkan kartu octopus ini?
Yang paling mudah adalah pada saat kita tiba di Terminal 1 HK Airport setelah keluar dari imigrasi baik di Hall A & B terdapat counter "Airport Express MTR" yang lokasinya dekat dengan pintu masuk menuju stasiun MTR airport.



Berapa harga kartu Octopus?
Untuk harga kartu Octopus ini ada 2 yaitu:
  1. Adult (dewasa): deposit sebesar HKD 50,- dan untuk saldo kartu HKD 100,- total HKD 150,-
  2. Child (anak): deposit sebesar HKD 50,-, dan untuk saldo kartu HKD 20,- total 70 HKD
dengan ketentuan dewasa (adult) >=12 th dan anak 3 - 11 th.


Tarif transportasi untuk anak adalah setengah (1/2) dari tarif dewasa, misalnya untuk naik bis A21 dari HK Airport ke Stasiun Hung Hom di Kowloon tarif dewasa adalah HKD 33 sedang untuk anak hanya membayar HKD 16,-. demikian pula berlaku untuk MTR, Tram dan kapal Ferry penyeberangan.

Bagaimana bila saldo Octopus Card berkurang, habis bahkan minus?
Bila saldo kita sudah berkurang kita dapat menambahkannya (top-up) di mesin otomatis yang ada di setiap station MTR atau di costumer service di station tersebut dan yang paling mudah adalah di setiap gerai 7-eleven yang ada dimana - mana di hongkong.

Kartu Octopus memperbolehkan saldo kita minus untuk satu kali, misalnya: saldo kita tinggal HKD 8,- tetapi kita akan naik kereta dari Lowu ke Tsim Sha Sui dengan biaya HKD 34.8, maka tanpa kita menambah saldo (top-up) kita bisa sampai di station Tsim Sha Sui dan pada saat kita tab di pintu keluar maka saldo kita menjadi HKD -26.8,-.  Setelah saldo kita minus maka kita tidak dapat mengunakan kartu tersebut, untuk itu kita perlu top-up kembali untuk dapat menggunakan sarana transportasi pada kesempatan berikutnya.

Bagaimana refund kartu Octopus?
Bila kita telah menyelesaikan perjalanan kita di HK maka di Hall A & B Terminal 1 kita menuju counter Airport Express dan lakukan refund kartu Octopus tersebut maka akan dikembalikan deposit + saldo yang ada & bila saldo minus maka deposit + (- saldo) dan akan dikenakan administrasi refund fee sebesar HKD 9,-

Penggunaan Octopus Card ini untuk pembayaran biaya transportasi adalah sangat membatu dan memudahkan, tinggal tab saja di pintu masuk bus atau station MTR atau ditempat pembayaran dimanapun.


Baca juga artikel jalan-jalan berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar