Halaman

Translate

Sabtu, 02 Juni 2012

Wisata ke Pulau Sentosa Singapore


Pulau Sentosa (Sentosa Island) Singapore

Pulau Sentosa Singapore merupakan salah satu keyword yang paling sering dicari bila akan pergi ke Singapore. Tulisan ini akan sedikit mengupas beberapa objek permainan wisata yang pernah dicoba atau dikunjungi di Pulau Sentosa ini.

Pulau ini dulunya merupakan pertahanan Inggris (Ford Siloso) ketika menghadapi Jepang di Perang Dunia ke II dan saat ini dikembangkan oleh Singapore menjadi salah satu icon wisata yang dapat menjadi mesin uang. Seperti diketahui Singapore merupakan Negara pulau dan kota yang tidak banyak memiliki sumber daya alam, budaya dan keindahan alam seperti Indonesia, tetapi mereka membangun sarana, bangunan-bangunan yang menjadi icon daya tarik wisata. Singapore mempromosikan dan melihat statistic sebagai feetback, setiap kali mereka launch site / icon baru seperti Marina Bay Sand maka akan terjadi lonjakan arus wisatawan ke Singapore, maka tidak heran mereka selalu membangun sehingga perekonomiannya / uangnya selalu diinvestasikan dan selalu berputar kembali menghasikan.


Kembali ke Sentosa, bagaimana kita kita ke sana? Fasilitas transportasi yang paling murah dan cepat tentunya MRT dengan tujuan stasiun Harbor Front. Biaya tiket MRT ke  Harbor Front sekitar 3.5 SGD jika kita beli tiket sekali jalan di mesin tiket dan bila sampai tujuan kartu MRT warna hijau dapat kita kembalikan / refund di mesin tersebut dan mendapat 1 SGD, jadi biayanya hanya 2.5 SGD (=17500 Rp).
Sampai di station Harbor Front kita masuk ke Mall VivoCity langsung menuju lantai atas (Lt.4 kalo ga salah) di situ terdapat loket masuk yang menjual berbagai paket wisata di Sentosa. Tetapi bila kita hanya ingin masuk ke Pulau Sentosa kita bisa membeli tiket untuk naik Kereta Monorail seharga 3 SGD di mesin tiket.

Terdapat 2 stasiun di pulau sentosa yang pertama adalah stasiun Imbiah dan yang paling ujung dekat dengan pantai tempat pertunjukan “Song of The Sea”. Bila kita turun di stasiun imbiah kita bisa foto2 di dekat patung Merlion yang besar dan dilanjutkan berkunjung ke Image of Singapore.

Beberapa permainan dan pertunjukan tersedia di sini seperti Luge & Skyride, SEGWay Ride, Tiger Tower, Butterfly Park, Image of Singapore, Ford Siloso, dan berenang di Pantai Siloso (Siloso Beach). Sebenarnya pantai di Singapore tidak bagus lebih bagus Kuta Bali apalagi Dream Land Pecatu Bali, tetapi setiap tempat ada keunggulannya yang bisa kita nikmati.

1 komentar: