Halaman

Translate

Sabtu, 09 Juni 2012

Wisata Melepas Tukik (Anak Penyu) di Pangumbahan, Ujung Genteng, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat

Wisata Melepas Anak Penyu dan Melihat Penyu Bertelur di Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan, Ujung Genteng.


Waktu menunjukan pukul 17.30 WIB, pengunjung Balai Penangkaran Penyu sudah kumpul di pantai Ujung Genteng untuk ikut melepas tukik (anak penyu) ke laut. Petugas meminta pengunjung untuk membuat satu baris memanjang sejajar dengan garis pantai sementara petugas lainnya mulai sibuk membagikan tukik ke pengunjung.


Tukik kecil dengan ukuran lebih kecil dari telapak tangan sudah dipegang oleh masing - masing orang, semuanya menunggu instruksi aba - aba untuk melepas tukit bersama - sama. Saat dilepas bersama - sama pemandangannya seperti balapan penyu kecil semuanya mengarah ke laut. Penyu - penyu kecil ini langsung harus menghadapi gelombang samudra Indonesia yang membuat mereka kembali terhanyut kedataratan, semuanya berjuang berenang menuju laut. Di lautan, tukik akan menghadapi tantangan berikutnya dari ikan - ikan, kepiting, dan burung laut yang siap memangsa.

Program penetasan telur penyu dan melepas tukik ke laut merupakan upaya untuk melestarikan penyu yang langka dan terancam punah. Tantangan terberat adalah dari orang -orang yang memperdagangkan telur penyu untuk mata pencahariannya.


Malam hari petugas mengajak pengunjung untuk menyaksikan Induk penyu yang mendarat di pantai Ujung Genteng untuk bertelur. Pengunjung harus mematikan lampu senter dan semua jenis peralatan yang menghasilkan cahaya agar Induk penyu tidak terganggu dan tidak jadi bertelur.



Pantai yang berpasir putih dan ombak yang besar menjadi daya tarik pesona alam Ujung Genteng, pengunjung dapat berenang di tempat yang aman. Beberapa penginapan tersedia di sekitar Ujung Genteng dengan harga mulai 100 ribu / malam.

Bagi yang ingin ke Ujung Genteng dapat melalui jalur Sukabumi - Surade - Ujung Genteng, atau melalui Pelabuhan Ratu. Perjalanan ke Ujung Genteng memakan waktu sekitar 5 jam, hal disebabkan karena kemacetan di jalur Ciawi - Sukabumi.

1 komentar:

  1. mas, ada kontak person petugas disana ngga buat ngelepas penyu disana ?

    BalasHapus