Halaman

Translate

Jumat, 01 Juni 2012

Keindahan Dataran Tinggi Tengger - Gunung Bromo, Jawa Timur, Indonesia

Keindahan Alam Gunung Bromo, Dataran Tinggi Tengger, Jawa Timur, Indonesia

 

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang masih aktif, dan pada saat kami berkunjung bulan Juni 2011, kawasan gunung Bromo Tengger ini masih diselimuti debu (ash) hasil erupsi volkanik yang terakhir dan kawahnya masih aktif mengeluarkan produk debu volkanik.
Dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bali dengan mobil kita melewati kota Probolinggo di Jawa Timur. Baik dekat kota Probolinggo maupun beberapa kilometer sebelumnya di Tongas kita dapati papan jalan menunjukkan arah ke Bromo. Kami gunakan kesempatan waktu liburan ini dengan mampir berkunjung ke Bromo.

Perjalanan dari Tongas atau Probolinggo ke desa Ngadisari memakan waktu sekitar 1.5 sampai 2 jam karena jalan berkelok-kelok dan menanjak curam. Jalan tersebut mengantar kita sampai di puncak bibir kawah, sehingga dapat melihat landscape gunung Bromo, lautan pasir dan gunung Batok. 

Kendaraan sedan dapat sampai di puncak ini karena kami juga hanya menggunakan sedan kecil Suzuki Karimun Estilo. Tetapi sedan tidak dapat sampai ke Penanjakan maupun ke lautan pasir karena jalurnya kurang bagus berbatu dan berpasir cukup tebal (bisa stuck).


Beberapa orang akan menyambut kita dengan menawarkan tempat penginapan, sewa kuda ke Bromo, jasa transportasi jeep 4 WD ke Penanjakan dan lautan pasir Bromo. Harga yang mereka tawarkan sudah di markup dan sebaiknya diabaikan dengan langsung menghubungi pemilik penginapan atau pemilik mobil. Harga kamar penginapan di homestay dengan fasilitas kamar mandi di dalam sekitar 150 – 200 ribu rupiah demikian juga jeep 4wd harga 250 ribu untuk ke Penanjakan dan Lautan Pasir Bromo. Untuk makanan kita dapat membeli di warung makan yang terdapat di desa tersebut dengan harga 15 – 20 ribu dengan ayam, sayur dan sambal.

2 komentar:

  1. pke karimun estilo kuat ya mas buat smpe ke puncak bromo?? ga ada masalah sma mobilnya...?
    soalnya saya jga ada rencana mw ke bromo naik karimun estilo...
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak karimun estilo bisa sampai di puncak (cemoro lawang) seperti foto diatas dengan latar belakang gn bromo. jalan aspal menuju cemoro lawang cukup baik.

      Hapus