Halaman

Translate

Minggu, 20 Mei 2012

Tram Sarana Angkutan di Hongkong Island

Sarana transportasi Tram di Hongkong

 
Bila kita berkunjung ke Hongkong, tram merupakan salah satu moda transportasi yang hanya terdapat di pulau Hongkong dan tidak terdapat di wilayah Kowloon, Lantau island dsb. Tram tersebut secara umum ada 2 yaitu:

  • Peak Tram yang melayani rute Stasiun Peak Tram Terminus (di dekat Hongkong Park) menuju ke The Peak Tower (Victoria Peak). Peak Tram ini lebih ditujukan untuk wisatawan dengan harga tiket HKD 40 return & HKD 28 single trip. Route menuju Peak Tram Terminus dapat dengan menggunakan MTR turun di stasiun Admiralty keluar di pintu / gate C1, kemudian jalan kaki melintasi Hongkong Park sampai di stasiun Peak Tram. Cara lainnya dengan naik bus 15C dari Central Pier no.5 yang mengantarkan kita sampai di stasiun tram tersebut.

  • Tram yang melayani dari Kennedy Town (Western District) sampai dengan Shau Kei Wan di Timur. Tram ini ditujukan untuk transportasi umum dengan tarif cukup murah hanya HKD 2,-. Dengan tram ini kita bisa wisata kota (city tour) murah meriah karena melewati hutan gedung pencakar langit, pusat belanja Causeway Bay, dan tempat berkumpulnya orang Indonesia di HK Victoria Park.
Tram ini tidak menggunakan pendingin udara (AC) seperti jenis transportasi lainnya (bis, MTR) dan jendelanya hampir seluruhnya terbuka. Pembayaran tarif transportasi tram ini juga menggunakan Octopus Card. (baca: Octopus Card Kartu Sakti)

Bila berkunjung ke Hongkong jangan lewatkan untuk mencoba sarana transportasi tram ini, sambil membayangkan bila di Jakarta dibuat sarana ini yang melayani rute Sudirman - Thamrin - Monas tentunya sangat menarik bagi wisatawan asing dan menolong pekerja perkantoran dengan tarif HKD 2,- (eq = Rp.2400,-). Kalau di HK bisa, Indonesia pasti bisa juga..


Baca juga artikel jalan-jalan berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar