Halaman

Translate

Jumat, 08 Juni 2012

Jalan - Jajan Murah Naik Kereta Listrik MRT Singapore MTR Hongkong dan Shenzhen Metro

Sarana Transportasi Umum Cepat MRT MTR dan Shenzhen Metro untuk Jalan Jalan Murah Bagi Budget Traveller.

Beberapa negara yang sempat saya kunjungi memiliki sarana transportasi kereta listrik yang sedang hangat projectnya akan dilaksanakan di Jakarta yaitu MRT. Singapore memiliki MRT, sedang Hongkong MTR dan kota Shenzhen menjalankan Shenzhen Metro. Kereta listrik tersebut menjadi andalan transportasi bagi para pekerja disamping tepat waktu juga murah.


Bagi budget traveller MTR, MRT atau Shenzhen Metro juga menjadi transportasi andalan menuju lokasi wisata di negeri - negeri tersebut. Bagaimana membeli tiket untuk transportasi tersebut? Bagi beberapa orang dapat membeli card EZ-Link untuk MRT Singapore, Octopus Card untuk MTR Hongkong demikian pula untuk Shenzhen Metro. Tetapi bagi yang ingin membeli standart tiket untuk single journey dapat membeli di mesin tiket otomatis yang terdapat di setiap stasiun MTR. Bagaimana cara membelinya? (baca lanjutannya)
Bagaimana membeli standart ticket di mesin otomatis?
  1. Datang ke mesin tiket.
  2. Tekan di layar monitor "Buy a standart Ticket"
  3. Tekan stasiun tujuan (destination) di peta MRT / MTR / Shenzhen Metro (misal: Harbour Front, bila kita ingin ke VivoCity / Sentosa.
  4. Monitor akan menampilkan biaya / harga ticket, dan menanyakan jumlah ticket yang ingin dibeli.
  5. Tekan jumlah tiket yang ingin dibeli, bila ber-5 tekan angka 5.
  6. Total jumlah harga tiket tertera di monitor.
  7. Masukkan uang kertas pada tempatnya (pada MTR hanya menerima pecahan 5 & 10 SGD) dan atau coin. Setiap kita masukkan uang maka layar monitor akan menampilkan jumlah yang sudah dimasukkan.
  8. Bila sudah pas atau lebih maka mesin akan memproses transaksi pembelian tiket tersebut dan mengeluarkan standart card untuk single journey, juga mengembalikan uang bila ada ballance-nya.
  9. Tiket sudah dapat digunakan untuk di tab di pintu masuk dan keluar sesuai tujuan kita.
  10. Tiket ini kita refund di mesin otomatis tersebut setibanya di stasiun tujuan, dan mendapatkan 1 SGD (MRT).
Bila MTR Hongkong dan MRT Singapore menerbitkan tiket berupa standard card maka Shenzhen Metro mengeluarkan coin plastik berwarna hijau yang kita tab pada waktu masuk stasiun awal dan kita masuk coin tersebut di pintu keluar ketika kita tiba di stasiun tujuan.

Ok selamat berwisata semoga informasi bermanfaat untuk merencanakan liburan anda, sedangkan untuk biaya perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya dapat di cek di situs MTR yang saya informasikan pada tulisan sebelumnya. Happy holiday, Jesus Bless U.

2 komentar: