Halaman

Translate

Senin, 28 Mei 2012

Wana Wisata Air Panas Cibolang Pengalengan Jawa Barat Indonesia

Wana Wisata Air Panas Cibolang, Pengalengan, Jawa barat, Indonesia

Tujuan wisata air panas (hot spring) yang paling populer untuk orang Jakarta sebagian besar akan menyebut Ciater di dekat gunung Tangkuban Perahu daerah utara dari kota Bandung. Sebenarnya terdapat lokasi sejenis yang juga tidak kalah menariknya yaitu di daerah selatan Bandung yaitu Pengalengan dan Ranca Upas – Ciwidey. Pada ulasan kali ini saya akan membahas daerah Pengalengan dahulu.

Wisata yang menarik di daerah Pengalengan ini adalah terdapat Situ Cileunca dimana terdapat kegiatan yang menarik salah satunya adalah arung jeram. Kegiatan wisata yang lainnya adalah perkebunan teh dimana terdapat pabrik teh jaman belanda dan rumah – rumah peninggalan belanda yang sekarang dijadikan penginapan. Terdapat pula pembangkit listrik tenaga panas bumi yaitu lapangan Wayang Windu yang dikelola oleh Star Energy.

Salah satu manifestasi di permukaan bumi akibat panas bumi oleh aktifitas magmatik adalah mata air panas. Demikian juga di Pengalengan di beberapa lokasi terdapat mata air panas yang dimanfaatkan oleh PT Perkebunan dan juga Perhutani untuk dijadikan tempat wisata permandian air panas. Lokasi permandian air panas ini terletak di desa Cibolang, Pengalengan, Jawa Barat, Indonesia.

Untuk menuju ke lokasi dari Jakarta menuju Bandung setelah sampai di tol Padalarang – Cileunyi keluar di pintu tol Buah Batu dan ambil arah kanan menuju Pengalengan. Setelah tiba di pertigaan Terminal Pengalengan bila ingin ke Situ Cileunca ambil kanan, tetapi bila ingin ke permandian air panas Cibolang belok kiri dan ikuti jalan terus sampai tiba di gerbang pintu PTP Perkebunan The dan bayar retribusi. Lanjutkan terus perjalanan sampai desa Cibolang dan masuk ke jalan perkebunan sampai tiba di gerbang permandian air panas Cibolang. Sepanjang jalan kita dapat melihat pipa dari perusahaan PLTU Geothermal Wayang Windu.

Suasana perkebunan teh dapat kita nikmati sepanjang jalan, dan bila ingin bermalam dapat mampir ke penginapan yang dikeloloa oleh PTP Perkebunan. Semoga tulisan ini dapat membantu merencanakan tujuan wisata lokal sekitar Bandung. Have a nice week end.


Baca juga artikel jalan-jalan berikut:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar